Cari Berita

Pengumuman

Kegiatan

Testimoni

  • Gregorius Tsiompah

    Gregorius Tsiompah



    Pendidikan tinggi adalah investasi masa depan, itulah yang menjadi motivasi pada saat saya

  • Syahrudin

    Syahrudin



    UNRIYO khususnya Prodi Teknik Informatika telah mengubah hidup saya....Pada awalnya saya adalah

  • Alfons Hilarius Magang

    Alfons Hilarius Magang



    Ilmu yang saya dapat di S1 Kesehatan Masyarakat UNRIYO serta pengalaman dalam beorganisasi, dan

Profil Prodi Sastra Inggris


Bahasa Inggris merupakan bagian penting dari masyarakat di era global yang dipergunakan sebagai lingua franca di sebagian besar belahan dunia. Tidak dapat dipungkiri bahwa hal ini membawa pengaruh besar terhadap banyak aspek kehidupan bermasyarakat, termasuk dunia kerja. Keterampilan berbahasa Inggris menjadi penting terutama dalam penerapannya di berbagai sektor industri. Secara umum, keterampilan berbahasa Inggris merupakan dasar dalam penguasaan kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat internasional, beradaptasi, dan bekerja di ranah global.


Prodi S-1 Sastra Inggris merupakan salah satu program studi yang didirikan bersamaan dengan berdirinya Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) pada tahun 2008 dan berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE). Prodi ini sudah beroperasi sejak tahun 2009 dan telah memperoleh izin dengan diterbitkannya SK Dirjen DIKTI No. 2333/D/O/2008. Pada tanggal 21 Oktober 2011, Prodi S-1 Sastra Inggris mendapatkan perpanjangan ijin operasional No. 9300D/T/K-V/2011 dari Dirjen DIKTI dan melanjutkan komitmen yang sudah ditetapkan sejak semula, yaitu untuk menyelenggarakan pendidikan bidang ilmu bahasa dan sastra Inggris yang berkualitas dan berdaya saing tinggi di dunia kerja yang didasari oleh rumusan visi, misi dan tujuan Prodi. Pada tahun 2016 Prodi S-1 Sastra Inggris telah memperoleh Akreditasi B dari BAN PT dengan SK BAN-PT No. 2866/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016. Dalam menjalankan kegiatan akademisnya, Prodi Sastra S-1 Inggris senantiasa melakukan evaluasi dan pembaruan yang melibatkan berbagai pihak baik internal maupun eksternal agar senantiasa sesuai dengan perkembangan saat ini. Pada tahun 2017 Prodi S-1 Sastra Inggris merumuskan kurikulum berbasiskan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang lebih dikonsentrasikan pada kompetensi linguistik bahasa Inggris dan penerjemahan yang mulai diterapkan pada Tahun Ajaran 2017/2018.

Prodi S-1 Sastra Inggris Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) memiliki tujuan untuk mencetak lulusan yang profesional dan berjiwa wirausaha yang siap terjun di masyarakat dan dunia kerja dengan bekal penguasaan linguistik bahasa Inggris dan penerjemahan. Kurikulum Prodi S-1 Sastra Inggris disusun dengan dasar kurikulum berbasiskan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan kesepakatan perumusan capaian pembelajaran dari English Studies Asosiation in Indonesia (ESAI) yang merupakan asosiasi studi Inggris se-Indonesia. Lulusan akan memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan dalam bidang linguistik bahasa Inggris dan penerjemahan, dan juga bidang-bidang lain yang terkait dengan keahlian tersebut, seperti pengajaran bahasa Inggris, penulisan dan penyuntingan, jurnalisme, kehumasan, dan pemanduan wisata.

Untuk mendukung kompetensi bidang linguistik dan penerjemahan, lulusan Prodi S-1 Sastra Inggris juga dibekali dengan kemampuan dasar berbahasa asing selain bahasa Inggris, wawasan IT, dan entrepreneurship. Dewasa ini beberapa bahasa asing diprioritaskan untuk dikuasai di dunia kerja dan menjadi nilai tambah bagi lulusan, seperti bahasa Jepang, Mandarin, dan Perancis. Selain itu, seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat di era globalisasi, kemampuan dan pengetahuan IT menjadi suatu kriteria yang sangat mendukung sebagian besar bidang pekerjaan di masyarakat. Mengingat lulusan diharapkan mampu membaca peluang bisnis dan menciptakan lapangan perkerjaan untk dirinya sendiri maupun orang lain, maka Prodi S-1 Sastra Inggris juga akan membekali wawasan entrepreneurship (kewirausahaan) yang dapat menjadi pendorong mereka untuk tidak hanya menggantungkan diri sebagai pencari kerja di instansi maupun perusahanan yang sudah ada.

Sesuai dengan tujuan utama dari KKNI, yaitu mendekatkan pendidikan dengan dunia kerja agar lulusan pendidikan mampu menjadi SDM yang profesional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dengan mengambil kuliah pada Prodi S-1 Sastra Inggris, calon sarjana bisa menjadi individu yang berwawasan ilmu dan profesionalitas dalam bidang linguistik bahasa Inggris dan penerjemahan. Mereka akan memiliki peluang karir yang terbuka luas untuk bekerja di berbagai sektor industri atau bahkan menciptakan lapangan kerja dan kegiatan produktif dalam kehidupan bermasyarakat, mempunyai sikap terbuka terhadap perkembangan IPTEK, informasi, dan sosial budaya masyarakat, serta mengembangkan kemampuan diri secara profesional. Dengan menguasai kompetensi yang mereka pelajari di Prodi S-1 Sastra Inggris, lulusan diharapkan mampu bersaing di dunia kerja dalam lingkup national maupun internasional.


Halaman Lain